Backpacker Singapore Malaysia 5D4N Part 2

Yang belum baca Singapore Malaysia Part 1 , bisa klik disini

Nah disebelumnya saya sudah ambil tas di Mustafa Center dan tukar uang Ringgit Malaysia, kemudian memutuskan langsung ke Stasiun Kranji untuk naik bus antar negara yang akan mengantarkan kami ke Malaysia .

Sadar dan bersyukur akhirnya kami tadi langsung memutuskan ke kranji , menggagalkan ke Marina dan Orchard , karena memang jarak Stasiun Kranji itu jauh sekali , sekitar jam setengah 10 malam kita baru sampai di Kranji . Mungkin kalau tadi kita memaksakan ke Marina Bay dan Orchard kita akan kehabisan bus antar negara .
Di Stasiun Kranji langsung ambil exit gate lalu mengembalikan STP Card , barulah uang deposit kita kembali 20$ , lumayan buat jajan di Malaysia .
Nanti di Malaysia kita turun di Terminal Bersepadu Selatan , Terminal Bersepadu Selatan sudah masuk wilayah Kuala Lumpur , jadi dekat dengan pusat kota , kalau di Jakarta anggaplah ini terminal Kampung Rambutan.

ini rutenya :

St.Kranji - Woodland Checkpoint (turun bus) - Imigrasi Malaysia (turun bus) - Terminal Larkin -Terminal Bersepadu Selatan .

Dari Kranji naik bus Causwaylink warna kuning yang kearah woodland checkpoint bayar 1$ per orang
*woodland checkpoint ini imigrasi keluar singapore*
Di Woodland kita turun bus , untuk cap paspor kemudian naik bus lagi yang kearah Malaysia , Bus yang kearah Malaysia berwana biru putih , kalau kurang yakin tanya saja pada Pak Kusir yang sedang bekerja Supirnya .
"Pak ini bener bis yang ke Malaysia? "
"iya benar , nanti turun di Larkin , baru naik yang Kuala Lumpur "
"bayar berapa?"
"2 RM per orang"

28 Maret 2018 , disini sudah pakai kurs Malaysia karena supirnya orang Malaysia .

Okelah kalau begitu kita naik , sekitar 1jam sampai di Terminal Larkin , disini banyak calo ☹️
anehnya ketika saya di konter resmi penjualan tiket harganya sama saja dengan harga calo .
Hayolooooh diantara bingung dan lapar dengan kekuatan bulan Mama menawar harga tiket di Calo tersebut . Awalnya harga bus Larkin - Terminal Bersepadu Selatan = 40RM per orang
ditawar mama 35RM per orang
DAN BOLEH !!
hahahaha sumpah disini funny moment banget saat di tiket yang kita pegang tetap tertulis dengan jelas 40RM tapi sebenarnya cuma 35RM yang kita bayarkan , THE POWER OF EMAKEMAK.

Sekitar jam 12 waktu Malaysia Bus berangkat , Bus Larkin - TBS ini nyaman , kursinya bisa buat selonjor , tidur jadi nyenyak bahkan nggak sadar kalau ternyata sudah sampai di TBS .
Waktu menunjukan 4.30 pagi , turun bus langsung naik eskalator ke atas , nah lantai 2 ini banyak orang yang berlalu lalang karena memang ini adalah ruang tunggu terminal .
Bersih bersih , solat , langsung menuju stasiun kereta Bandar Tasik Selatan .

Terminal Bersepadu Selatan dan Stasiun Kereta Bandar Tasik Selatan ini bersebelahan , hanya dipisahkan oleh jembatan penyeberangan .
tinggal menyeberang jembatan tersebut sampailah kita di Stasiun Kereta Bandar Tasik Selatan kemudian membeli tiket commuter line ke arah Masjid Jameek .

Kenapa ke Masjid Jameek? sekali lagi , ya karena saya sudah familiar dengan lingkungan ini , kalau disuruh turun di stasiun lain bisa keder saya ^-^

Dari Masjid Jameek kita ke arah Petaling Street untuk naik Bus GOKL gratis , di bus ini bisa sekalian booking hotel karena ada wifi gratis , tujuan pertama kita ke Petronas Twin Tower , naik purple line di Kota Raya lalu transit Bukit Bintang ganti Green Line , turun di halte KLCC .
Puas foto - foto kita makan dulu di foodcourt lantai 4 Mall KLCC , cukup murah , makan 2 orang 25RM sudah sama minum .

     



petronas twin tower

Setelah kenyang kita langsung menuju hotel yang telah saya booking di bus GO KL tadi , saya pesan 1 malam , mau nyoba dulu , kalau enak lanjut perpanjang 1 malam , kalau nggak enak pindah hotel .
Benar feeling saya , memang siiih kita pilih kamar yang paling murah tapi ini sih under rate banget , cukup 1 malam saja *skip skip*

29 Maret 2018 . Keesokan harinya kita city tour ke Pasar Seni lalu Dataran Merdeka kemudian baru ke Batu Caves , karena Pasar Seni sangat dekat dengan hotel maka cukup berjalan kaki saja kurang lebih sejauh 500 m saja , kalau ke Dataran Merdeka naik GO KL red line , ke Batu Caves naik Shuttle Bus gratis sampai stasiun Sentul baru dilanjutkan naik kereta commuter .
Loh kok naik shuttle bus? bukannya langsung naik kereta dari KL Sentral ?
Naaah ! memang benar bisa langsung naik kereta , namun saat itu rute kereta sedang diperbaiki , jadi seluruh penumpang jurusan Batu Caves diarahkan naik si shuttle bus ini .
Shuttle Bus bisa ditemukan di basement tempat bus mangkal , turun satu lantai dari Lobby KL Sentral , setelah turun Bus kita naik kereta commuter bayar 2 RM satu orang .

Turun deh di stasiun Batu Caves , tinggal jalan kaki kalian langsung disambut patung Hanoman dan patung Dewa Murugan .
      
patung hanoman dan patung dewa murugan
              

Dari situ kita naik tangga yang tinggi menjulang ini , cukup lah buat mama ngos-ngosan , diatas ada gua alami gitu , indah bangeeet cahaya matahari masuk melalui celah batuan gua , juga ada kuil tempat berdoa untuk yang mau berdoa .

Naaah pulang dari Batu Caves  sama saja rute angkutannya dengan rute perjalanan berangkat tadi , jadi tinggal diulangi aja , gampang kok . Di KL Sentral kita booking tiket bus + tiket gondola untuk ke Genting Highland keesokan harinya .
Kenapa booking sekarang ?
Kalau booking besok takut kehabisan tiket ☺️
Pulangnya kita coba booking hostel yang berbeda , tapi tetap satu wilayah di China Town juga biar pindahannya gak ribet , cuma beda blok aja . Naaah ini baru siiiip , murah , nyaman , ada AC , TV , water heater shower plus kamar mandi dalam , bikin betah sampai kaca mata aku ketinggalan disini :D

      
petaling street hotel chinatown
Charge hp - Mandi - Tidur 

30 Maret 2018 . Tiket ke Genting Highland tertera jam 8 pagi sedangkan kita baru keluar hostel jam setengah 8 , ini yang membuat kacamata kesayangan aku ketinggalan ☹️ . Memburu waktu akhirnya kita naik Kereta Commuter aja biar cepet sampai . Jam 8 bus berjalan perlahan , disini gak berlaku jam karet , kalau kamu telat ya ditinggal .

Perjalanan ke Genting Highland mirip mirip jalan ke puncak gitu , belok belok kanan kiri pepohonan , sampai di Genting Highland jam 9 pagi .
kita berdua tatap - tatap an bingung begitu sampai , mau kemanakah kita? kok sepi?
mau masuk Casino? mau menginap di Hotel? mau jalan jalan Mall yang masih sepi?
berbekal tanya pada bapak bapak yang ternyata berasal dari Indonesia juga , kita sampai di taman outdoor Genting Highland ini .
                  


Penilaian pribadi kita sih , di Genting Highland gak ada yang menarik kecuali naik Gondola :(
Karena kita sudah beli tiket PP  , jadi dari Genting balik ke KL Sentral tidak perlu antri tiket lagi , tinggal mencocokan jadwal keberangakatan di tiket kita dengan papan pengumuman jadwal bus .
jadwal bus Genting Highland - KL Sentral

Bus kembali ke KL Sentral pun tepat waktu , di tiket tertera jam 12 siang , bus datang jam 11.45 dan jam 12 berangkat , spare waktu ya agar tidak tertinggal bus , dadah bye bye untuk kalian yang suka ngaret :D

Pulang dari Genting , kita mampir beli sajen dulu buat mama , biar anteng , seperangkat alat makeup dibayar tunai , setelah itu kembali ke hostel untuk packing kemudian langsung cusss KL Sentral lagi untuk OTW bandara .
Pokoknya KL Sentral ini terminal penghubung antar wilayah gitu , jadi apa-apa naik bus kesini dulu .
KL Sentral ke Bandara KLIA2 menempuh perjalanan 2 jam , sampai Bandara jam 6 sore , pesawat kita jam 8 malam , jadi muter muter dulu window shopping .
Karena cuaca buruk , sampai jakarta jam 10 malam .

Now it's time to sleep kalau kata payung teduh~








CONVERSATION

2 komentar:

  1. keren ya bisa packer bareng mama ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Keizo terima kasih telah membaca ! :) iya mumpung mama aku masih segar bugar hahhaha

      Delete

Back
to top