Singapore 2D2N dibawah 1 juta

Haloo ini posting pertama saya , saya ingin share sedikit pengalaman saya solo travelling ke Singapore bulan Oktober 2015 kemarin , awalnya saya iseng - iseng buat paspor karena maraknya tiket promo ke luar negeri , jadilah saya bikin paspor online , singkat cerita jadilah paspor 48h saya di bulan Juni 2015 .
Penantian tiket promo luar negeri dimulai . . .
sedikit tips , untuk mendapatkan tiket promo subscribe lah beberapa newsletter maskapai penerbangan dan online travel agent , karena kita bisa paling update dalam berbagai promo dan diskon yang mereka adakan .
Bulan september saya mendapakatkan email promo dari newsletter AirAsia , periode booking bulan september dan periode terbang bulan  oktober , tanpa ba bi bu saya langsung meluncur ke website Air Asia mencari hari sabtu dan minggu pastinya (karena saya kerja pada hari senin - jumat).
Disitu saya melihat harga penerbangan sabtu sore 17 Okt 2015 jam 17.40 dengan harga 174.000 (include airport tax) murah banget kaaan??
Oke tanpa pikir panjang saya klik booking
Karena sudah ada tiket berangkat maka saya tiap hari harus mengecek online travel agent untuk tiket kepulangan SG-CGK , selama 2 minggu berturut - turut saya belum mendapat harga yang saya inginkan , hingga pada minggu ke -3 traveloka.com mengadakan tiket promo SG-CGK dengan harga 520.000 (include airport tax) lumayan murah laah daripada minggu sebelumnya yang mencapai harga 700.000 keatas
Oke saya booking tiket tersebut

persiapan solo travelling :

1. Jaket
  2. Kacamata
  3. Baju nyaman (singapore panas banget)
  4. Sepatu / Sandal nyaman (karena lebih banyak jalan)
  5. Kamera (wajib)
  6. Snack
  7. Tisu Basah + Kering
  8. Sikat gigi + sabun muka
  9. Botol kosong untuk isi ulang
  10. Powerbank
Oke setelah siap semuanya , berangkatlah saya .
Di pesawat kita diwajibkan mengisi kartu imigrasi (jadi siapkan pulpen) , sesampainya di Changi International Airport perasaan saya campur aduk , antara sedih , senang , bingung , bangga , ngantuk hahaha saya pun berjalan menyusuri bandara tersebut dengan pedenya sendirian cari arah , akhirnya saya menemukan buku airport guide di sudut terminal kedatangan . Setelah lelah berjalan saya menentukan duduk di central park penuh dengan bunga dan tanaman yang dirawat dengan indahnya , sambil melihat beberapa turis yang sudah booking lapak tidur di deretan tempat duduk terminal transit , akhirnya saya menuju ke tempat tersebut untuk tidur malam saya (saya pilih tempat ini karena dekat dengan kursi pijat gratis ^_^) .
Kalau dibilang tidur nyenyak , gak juga ya karena setiap jam selalu ada petugas lewat dan pengumuman dari pihak bandara yang bikin kaget .

Saya bangun jam 7 untuk memulai perjalanan saya di singapura , saya turun ke lantai 1 untuk mengurus imigrasi saya , disini akan ditanya kita mau ngapain dan menginap dimana , karena saya tidak menginap biar tidak repot maka saya sebutkan saja mau jalan - jalan dan nama hotel yang sudah saya browing sebelunya .

Keluar imigrasi saya langsung menuju loket penjualan Singapore Tourist Pass (STP) Card , karena ini masih setengah 8 dan loketnya buka jam 8 maka saya menunggu setengah jam dan disini ternyata sudah banyak yang antri untuk membeli STP Card , lama mengantri tiba giliran saya berkata "one day one card" dengan menyrahkan 50 SGD (harga tiket 20 SGD = 10$ harga tiket + 10$ biaya deposit) dan sialnya saya adalah ketika si mbaknya bilang gak ada kembalian dan saya harus menukarkan di loket penukaran uang , dengan berat hati saya balik badan , menukar uang dengan pecahan 20$ + 10$ + 10$ + 5$ + 5S dan kembali mengantri (lagi) di barisan paling belakang :'( . Jadi saran saya sebelum membeli STP Card lebih baik tukarkan dulu uang kalian di loket yang letaknya di tengah sebelum pintu keluar arah ke MRT .

Sebelum keluar gate jangan lupa tempelkan STP card kalian , oke waktunya naik MRT , tujuan pertama saya adalah Merlion Park , jadi saya harus ke stasiun terdekat dengan Merlion Park yaitu Raffless Place Station , untuk menuju Reffles Place kita harus transit di stasiun tanah merah lalu naik yang ke arah Joo Koon , nah sebelum saya tau kalau ternyata transit dulu di tanah merah , saya nyasar sampai 3x balik ke Changi lagi Changi lagi hahaha setelah saya tanya ke petugas di stasiun baru lah saya tau kalau ternyata harus transit di tanah merah dulu dan berganti kereta ke arah stasiun Joo Koon  Sampai di stasiun Raffles Place cari exit gate dan jangan lupa tempelkan lagi STP card nya .

Jarak Raffles Place ke Merlion Park sekitar 15 menit berjalan kaki melewati Singapore River , Fullerton Hotel dan terowongan bawah tanah

Dari sini kita juga bisa melihat Esplanade Building , Singapore Flyer dan Marina Bay dari kejauhan

Dari Merlion Park kita meluncur ke bugis street untuk bisa kesini kita turun di Stasiun Bugis , disini banyak gantungan kunci , aksesoris dan pernak pernik lucu  .
Setelah melihat lihat (gak belanja) saya menuju ke Masjid Sultan merupakan masjid pertama yang berdiri di Singapore letaknya di Kampung Glam , saya makan di depan Masjid Sultan ini karena sudah pasti halal , nasi goreng teri seharga 4SGD

Puas berfoto saya meluncur ke China Town cukup turun di China Town Station , disini STP Card saya sempat error karena tidak bisa tapping akhirnya saya mengisi ulang STP Card saya dengan 20SGD di mesin isi ulang karena dipikiran saya uang di dalamnya sudah habis dan ternyata masih belum bisa juga meskipun sudah saya isi , akhirnya saya minta petugas untuk membukakan gate secara manual . Di China Town hampir sama menjual juga gantungan kunci , pernak pernik , kaos dan berbagai macam barang khas china (serba merah) , disinipun saya gak belanja hanya melihat - lihat (demi menghemat budget :D)

Kaki sudah mulai pegel , saya menuju ke Sentosa Island dari China Town turun di Harbourfront Station masuk ke Vivo City cari jalan keluar menghadap laut , nah disini ada 4 pilihan untuk bisa sampai ke Sentosa Island , dengan Bus 2SGD , Monorail 4SGD , Cable Car 29SGD , berjalan kaki GRATIS , sudah tahu saya pilih yang mana ??
Yak betul sekali sudah pasti yang gratis ! hahaha

Saya berjalan lewat sentosa boardwalk kurang dari setengah kilometer , disuguhi pemandangan laut yang menghilangkan rasa capek saya hanya saja singapore juga terkeda dampak kabut asap dari Indonesia saat itu.

Di Sentosa island belum afdol kalo belum foto dengan Bola Berputar Universal Studio (abaikan bapak - bapak berbaju putih)

Disini juga ada Merlion yang katanya pasangan dari yang ada di Raffles Place , yang di sentosa ini yang laki - laki dan yang di Raffles Place itu yang perempuan .

Cuaca mulai terik saya bertolak ke Orchard Road , Dari Harbourfront tarnsit dulu di Dhoby Ghaut lalu ambil jurusan ke Jurog East dan kemudian turun di Orchard Station .
Disini banyak sekali toko oleh oleh dengan harga terjangkau , harga kaos 10SGD dapat 4 kaos , disini juga banyak jual ice cream singapore cukup dengan 1SGD saja .

Saya menikmati sore hari disini karena di sepanjang jalan di sediakan tempat duduk , jadi sambil santai makan ice cream saya menunggu malam disini , kenapa menunggu malam ? karena next destination saya adalah Marina Bay Sand dimana lebih indah kalau malam (kata orang) , jadi setidaknya saya harus menunggu duduk disini sampai jam 7 malam .

Dari Orchard Road ke Marina Bay Sand saya transit di Bayfront Station lalu naik lagi ke arah Marina Bay Station . menyusuri jalan penuh dengan wallpaper unik beberapa kali saya selfie disini hehehe

Betul kata orang , tidak salah saya kesini saat malam hari karena lampu lampu gemerlap hidup semua dan lumayan sepi , pas banget buat me time :) menyusuri jembatan kayu untuk melihat Gardens By the Bay dari atas .

Dibuka dengan indah dan ditutup pula dengan indah perjalanan saya saat itu , saatnya kembali ke Bandara karena kaki sudah mati rasa seharian jalan kaki dan sekalian untuk tidur malam karena pesawat kembali ke Jakarta masuk penerbangan pagi , jangan khawatir karena Di Changi tersedia faslitas kursi pijat gratis yang tersedia di setiap tempat transit , jangan lupa untuk mengembalikan STP Card mu dan nanti uang 10SGD yang telah kamu depositkan tadi akan dikembalikan juga . Nah karena tadi saya sempat mengisi STP Card saya dengan 20SGD jadi petugas mengembalikan uang saya 30SGD .

Oke untuk budget semuanya , saya hanya menghabiskan 50SGD , berikut rinciannya :

1. STP Card : 10SGD
  2. Makan : 4SGD
  3. Ice Cream : 1 SGD
  4. Beli coklat di Bandara : 25SGD
  5. Makan MCD di Bandara: 7 SGD
Murah kan? Dibawah 1 juta kalau sama tiket pesawat PP :)))